Sabtu, 28 Januari 2012

Mengenal Tayangan Infotainment


(Maria Ulfah, 01 08 034)

Umumnya, masyarakat menganggap tayangan infotainment sebagai tayangan yang menyajikan berita tentang gosip, artis, maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia selebritis. Ade Armando dalam rubrik Resonansi  memaparkan bahwa istilah infotainment sebenarnya merujuk pada gaya menampilkan informasi sebagai hiburan. Lebih lanjut Ade menjelaskan bahwa tayangan infotainment lahir karena televisi sebagai perpanjangan industri media berupaya menyajikan hal-hal yang mampu menarik perhatian masyarakat sebesar-besarnya walaupun hal yang disajikan tersebut belum tentu hal-hal substantif yang terkait dengan kepentingan masyarakat luas. Yang menjadi pokok tekanan dalam tayangan infotainment adalah penampilan beritanya yang disesuaikan dengan aturan main program yang menghibur. 
Dari sudut pandang terminologi, kata infotainment merupakan gabungan dari dua buah kata yaitu information dan entertainment. Dengan batasan terminologi tersebut maka infotainment memang sepatutnya diartikan sebagai penyampaian informasi dengan cara yang menghibur. Dalam batasan lain, infotainment pun dapat diartikan sebagai tayangan yang mengkombinasikan unsur berita dan informasi dengan unsur hiburan.  Informasi tentang dunia hewan dapat dimasukkan dalam kategori ini.
Pendapat lain tentang batasan infotainment dikemukakan pula oleh Matt Nisbet. Dalam sebuah tulisannya, Nisbet memaparkan bahwa infotainment merupakan suatu bentuk soft journalism.  Dengan terminologi ini, Nisbet berupaya menjelaskan bahwa infotainment merupakan suatu bentuk tayangan yang memiliki ruang lingkup sangat luas. Berbagai jenis tayangan televisi dapat dikategorikan sebagai infotainment. Nisbet menyatakan tayangan tentang dunia hiburan, kriminalitas, metafisik, dan berbagai macam tayangan yang menyajikan hal-hal sensasional dapat dimasukkan dalam kelompok tayangan infotainment.
Berdasarkan definisi yang ada, maka tayangan infotainment dapat diartikan baik secara sempit maupun secara luas. Pendefinisian infotainment secara sempit merujuk pada pandangan masyarakat luas bahwa tayangan infotainment merupakan tayangan seputar dunia selebritis. Sementara itu, pendefinisian infotainment secara luas merujuk pada berbagai jenis tayangan yang menginformasikan sesuatu hal dengan cara menghibur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar