Sabtu, 28 Januari 2012

Mendeteksi penyakit melalui kuku*

Ermautie
 
 
Kuku merupakan tulang lunak yang tumbuh di atas permukaan kulit, seperti pada jari-jari tangan dan jari-jari kaki. Ternyata kuku bisa menunjukan tanda penyakit pada bagian tubuh. Hal  ini  bisa  di lihat dari perubahan bentuk kuku dan warna kuku.
                Perubaha bentuk kuku seperti bentuk yang mengembung dan  cembung atau disebut dengan clubbing finger (jari-jari tabung) dapat diketahui pada diri tubuhnya terdapat kelainan di daerah paru-paru, seperti TBC,  bronchitis kronis, bisa juga kelainan pada jantung misalnya penyakit jantung bawaan.
                Warna kuku sering terjadi karena pigmen melanin yang dimiliki tubuh akibat proses pembentukan melanin berlebihan, atau juga disebabkan karena endapan zat lain yang berada di kuku. Kuku yang berwarna hitam bisa jadi karena tumor kulit yang ganas, peningkatan hormone MSH (yaitu  hormone yang merangsang pengeluaran melanin ), atau karena obat anti malaria. Kuku berwarna putih bisa disebabkan pengaruh dari penyakit tifus, penderita sakit ginjal, bisa juga karena jamur.
 
 
*dikumpulkan 27 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar