Rabu, 25 Januari 2012

HUKUM VONIS 5 TAHUN UNTUK REMAJA 15 TAHUN PENCURI SANDAL, ADIL BANGET YACH...

OLEH: HERI PURWANTO
    Satu kata yang langsung terbersit dalam hati nurani, miris yach.. itulah hal yang langsung terbersit ketika mendengar kabar dari sebuah media elektronik yang memberitakan vonis 5 tahun untuk remaja di bawah umur atas tindakan pencurian sandal seorang briptu.
    Keadilan memang sudah selayaknya ditegakan atas kasus ini. Namun kayaknya slogan pantas yang selama ini tersemat untuk penegakan hukum kita sepertinya semakin kuat. Yach.. bagaikan sebuah mata pisau.. hukum kita seakan-akan sangat tajam kebawah, dan sangat tumpul ke atas.
    Belum habis dalam ingatan kita bagaimana hukum kita begitu bersemangat dalam menjatuhkan vonis untuk seorang nenek tua yang “mengambil” mangga tetangganya, hukum kita begitu “sumringah” saat menjatuhkan vonis bagi seorang tua yang mungkin meminjam sebentar tanpa pamit buah pisang yang hanya seberapa jumlahnya. Kini palu hakim kita “begitu keras” terdengar tatkala menjatuhkan vonis bagi seorang turaga yang mungkin “iseng” mengambil sepasang sandal.
    Namun sungguh miris ketika melihat fenomena “lemahnya” palu hakim tatkala baru akan memutuskan kasus-kasus besar, seperti korupsi gayus, kasus century, kasus BI yang sampai saat ini belum terdengar lagi gaungnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar