Jumat, 27 Januari 2012

KALAU SAJA JAKARTA PUNYA MRT


 Teguh Djatmiko
NIM : 01.08.057




Beberapa waktu yang lalu ketika mengantar dua orang putri saya melihat-lihat beberapa kampus terkenal di Singapore, saya merasa benar-benar dimanja oleh kenyamanan transportasi di sana. Singapore memiliki beberapa system transportasi yang sangat modern. Salah satunya adalah Kereta api bawah tanah, atau yang biasa mereka sebut MRT  (Mass Rapid Tranport).
Setibanya di Harbor Front dari Batam dengan menggunakan Kapal ferry kami langsung disuguhkan pelayanan informasi yang sangat mudah.  Kami menuju Information desk untuk menanyakan beberapa hal tentang Singapore dan mengambil peta jalur MRT. Setelah mengetahui informasi yang sangat sederhana dan berbekal peta jalur MRT itu kami bergegas menuju stasiun keberangkatan di bawah tanah mengikuti petunjuk arah yang selalu ada disetiap jalan yang kita lewati. Singapore memiliki beberapa jalur MRT yang melewati hampir seluruh daerah di Singapore. Setiap tempat di Singapore bisa diakses dengan cepat dan mudah serta murah menggunakan moda ini.
Setiap jalur MRT melewati banyak stasiun. Kebanyakan stasiun berada di bawah tanah. Semua stasiun memiliki kelebihan seperti; Jadwal yang tepat waktu, ruangan full AC, Eskalator, toilet yang sangat bersih dan wangi, akses untuk para penyandang cacat, akses ke mall, akses ke stasiun bis, akses kestasiun taksi, akses ke bandara, akses ke beberapa kampus terkenal, museum, dll.
Suasana di dalam kereta sangat nyaman. Ruangan kereta sangat dingin dan bersih. Terpampang tanda keterangan dilarang merokok, makan dan minum dengan sanksi denda yang sangat berat disetiap pintu gerbong. Operator selalu menginformasikan tentang perjalan kereta dari satu stasiun ke stasiun lainnya dengan menggunakan 3 bahasa yaitu China, Inggris dan Melayu. Meskipun penumpang padat pada beberapa stasiun namun kami selalu merasa nyaman dan aman
Kalau saja Jakarta punya MRT…….. Saya membayangkan setelah mengetik tulisan ini harus ke kampus, menikmati betapa macet, polusi dan panasnya Jakarta…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar