Selasa, 27 Desember 2011

PERISTIWA LAMPUNG


Oleh: M. Agus Solihuddin


Pertikaian di Lampung yang terjadi baru-baru ini, dimana beritanya baru bisa di exspose oleh media, sebenarnya masalah-masalah sosial yang ada, khususnya pertikaian antar warga itu sudah sering terjadi.
Peristiwa di Mesuji itu adalah peristiwa dari sekian banyak kasus pertikaian antar warga yang ada di Lampung. Memang Lampung adalah daerah yang sudah mengalami kemajemukan masyarakat sejak pemerintah menggalakkan transmigrasi ke Lampung pada masa orde baru.
Dahulu memang kondisi masyarakat Lampung agak memberikan resistansi terhadap warga pendatang, namun sekarang warga Lampung sudah terbuka terhadap pendatang. Inilah kondisi Lampung dahulu dengan sekarang.
Sekarang Lampung sudah berbeda, dimana warganya sudah terdiri dari berbagai suku. Tapi, peristiwa Lampung adalah salah satu masalah dari salah satu masalah nasional. Aku pernah tinggal di Lampung dan melihat peristiwa-peristiwa yang berbau sara sudah hal yang biasa. Namun peristiwa dulu dengan sekarang adalah berbeda.
Sekarang ini intinya warga atau rakyat jelata tidak boleh memiliki lahan luas, cukup beberapa pokok saja dan ini terjadi tidak hanya di Mesuji tapi bisa terjadi di Poso, Papua, Jawa dan di manapun yaitu di wilayah Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar